Home » » Manfaat Puasa Daud dan Tata Cara Melaksanakannya

Manfaat Puasa Daud dan Tata Cara Melaksanakannya


Puasa Daud | Manfaat Puasa Daud dan Tata Cara Melaksanakannya | Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana tata cara puasa daud serta manfaat dari mengerjakannya. Nah, sebelum kita bahas mengenai manfaat mengerjakan puasa daud, sebelumnya kita bahas terlebih dahulu apa itu puasa daud. 

Puasa Daud merupakan puasa yang dilaksanakan dengan selang seling, yaitu sehari berpuasa dan sehari lagi tidak berpuasa. Contoh kasusnya yaitu apabila hari ini berpuasa maka besok tidak berpuasa dan hari berikutnya puasa lagi. Intinya puasa daud ini dilakukan dengan selang seling ( hari ini puasa kemudian hari berikutnya tidak puasa, dan seterusnya )

Hukum Melaksanakan Puasa Daud

Hukum melaksanakan puasa ini ( puasa Daud ) yaitu sunnah. Jadi barangsiapa yang mengerjakannya maka akan mendapat pahala dan bagi yang meninggalkannya tidak papa.

Cara Mengerjakan Puasa Daud Yang Benar Dan Sah

Puasa Sunah Daud ini dikerjakan dengan cara selang-seling, sehari puasa dan pada hari berikutnya tidak puasa, pada hari berikutnya dilakukan selang seling dan seterusnya.Puasa Daud ini bisa dilakukan sepanjang tahun, selama tidak dilaksanakan pada hari-hari yang dilarang untuk berpuasa. Nah , hari yang diharamkan untuk berpuasa yaitu 2 hari raya (Idul Firi dan Idul Adha) dan hari Tasrik. 

Puasa daud ini boleh dilakukan pada hari jumat. Tidak ada halangan, selama puasa pada hari jumat ini termasuk puasa Daud, jadi bukan puasa khusus pada hari Jum’at saja. Sedangkan jika puasa hanya pada hari Jum’at saja, maka hal ini tidak diperbolehkan. Puasa Sunah Daud alangkah baiknya apabila sudah terbiasa berpuasa hari Senin-Kamis. Tujuannya agar kita tidak ada kesulitan bagi kita untuk melaksanakan puasa tersebut.

Sabda Rasulullah Muhammad saw

فَصُمْ يَوْمًا وَأَفْطِرْ يَوْمًا فَذَلِكَ صِيَامُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَام وَهُوَ أَفْضَلُ الصِّيَامِ فَقُلْتُ
إِنِّي أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ فَقَالَ النَّبِيُّ لَا أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ

Artinya :

“Maka berpuasalah engkau sehari dan berbuka sehari, inilah (yang dinamakan) puasa Daud ‘alaihissalam dan ini adalah puasa yang paling afdhal. Lalu aku (Abdullah bin Amru radhialahu ‘anhu} berkata sesungguhnya aku mampu untuk puasa lebih dari itu, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “Tidak ada puasa yang lebih afdhal dari itu. ” (HR. Bukhari No : 1840)

Sebagian ulama menyatakan bahwa sebaiknya tidak melaksanakan puasa Senin-Kamis jika sedang melaksanakan puasa Daud. Pendapat ini banyak digunakan diberbagai belahan dunia. Namun ada juga ulama yang menyatakan tidak masalah melaksanakannya juga. Selain waktunya, tata cara pelaksanaan puasa Daud ini tidak berbeda dengan puasa lainnya.


Sebelum berpuasa kita diharuskan untuk berniat. Selain itu, juga harus mampu mengendalikan diri dari semua perbuatan yang dapat membatalkan maupun mengurangi pahala puasa kita. Dengan melakukan puasa Daud, maka diharapkan adanya peningkatan ibadah kita kepada Allah SWT. Selain itu, puasa Daud juga mampu membentengi doro dari segala nafsu duniawi yang sering dimiliki oleh manusia. Dan yang lebih penting lagi, puasa Daud adalah puasa yang dicintai oleh Allah SWT.

Lafadz niat puasa Nabi Daud yang umumnya dibaca

Niat cukup dalam hati karena niat sendiri berarti ilmu atau mengetahui. Maka setiap orang yang mengetahui melakukan ibadah shalat, maka ia sudah disebut berniat. Tidak perlu ada lafazh niat di lisan karena tidak ada satu dalil dari Al Qur’an dan hadits pun yang membicarakan anjuran tersebut. Masalah niat ini berlaku bagi shalat dan ibadah lainnya. ( Lebih lengkapnya disini saudaraku : http://www.carasholatdhuha.com/2017/01/keanehan-anjuran-melafazhkan-niat.html )

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Niat itu letaknya ada di dalam hati. Kalaupun niat puasa hanya dengan bahasa Indonesia atau bahasa Anda sendiri, tidak pakai bahasa Arab, tidak apa apa dan tetap niat puasanya sah.

Puasa sunnah yang paling utama sebagaimana diungkapkan dalam hadist Rasulullah SAW adalah puasa Daud. Mengingat puasa ini memiliki banyak manfaat dan keistimewaan. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya


Bolehkan Menggabungkan Puasa Daud dan Puasa Senin Kamis




Manfaat Puasa Daud

Adapun Manfaat Manfaat yang secara umum dialami oleh orang-orang yang menjalankan puasa Daud diantaranya sebagai berikut:
  • Terhindar dari kemaksiatan, Orang yang istiqomah menjalankan puasa Daud, dengan niat ikhlas karena Allah niscaya akan terpelihara dari berbuat maksiat. Maksudnya begini, Apabila kita hendak melakukan suatu pekerjaan yang ada unsur maksiat maka Jasmani dan Ruhaninya seperti ada yang menjaga, pagar yang membuat langkah dan sepak terjangnya selalu dalam bingkai aturan dan ridha Allah. Apabila ia berniat hendak melakukan kejahatan yakni menganiaya orang lain maka Allah akan memberinya rasa iba atau kasihan sehingga ia mengurungkan niat buruknya tersebut.
  • Tumbuhnya akhlakul karimah (akhlak yang baik)
  • Menerima pemberian Allah dengan lapang hati
  • Berfikir positif, kreatif dan inovatif, Orang yang mengerjakan puasa Daud niscaya akan dikaruniai pikiran yang senantiasa positif.
  • Menumbuhkan sifat Hilm (emosi dapat ditahan dengan baik)
  • Menentramkan jiwa
  • Mendatangkan rejeki yang tidak disangka-sangka
  • Menjadi hamba yang bersyukur
  • Suasana Rumah Tangganya senantiasa Harmonis
Sebenarnya masih ada banyak menfaat manfaat dari puasa daud, Anda dapat mencari referensi mengenai Puasa Daud ini di blog lain. Dan mohon diingat, puasa Daud ini lebih untuk dan semata untuk Allah saja, jadi jangan sampai kita memberitahukan kepada orang lain kalau kita ini melakukan puasa Daud atau sudah berapa lama kita melakukan puasa Daud. Bukan orang lain yang memberi balasan, tapi Allah, jadi lebih baik dan lebih sempurna apabila kita melakukan puasa Daud ini secara SEMBUNYI-SEMBUNYI, RAHASIA. Cukup dan biar Allah saja yang tahu sudah berapa lama kita melakukan puasa dahsyat ini.
Mau tahu bagaimana cara mengerjakan puasa senin kamis ?? Silahkan klik link berikut ini , disana sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai puasa senin kamis - Tatacara dan Manfaat Puasa Senin Kamis.