Home » » Tata Cara Shalat Ihram

Tata Cara Shalat Ihram


Shalat sunnat yang berhubungan dengan ibadah yang lain

Yang dimaksud dengan shalat sunnat yang berhubungan dengan ibadah yang lain adalah shalat sunnat yang pelaksanaannya itu ada kaitannya atau berhubungan dengan ibadah ibadah yang lain.

Adapun shalat (sunnat) yang termasuk dalam kategori shalat sunnat yang berhubungan dengan ibadah yang lain adalah sebagai berikut :

D idalam blog ini akan kami bahas secara rinci mengenai shalat shalat shalat tersebut. Akan tetapi, untuk kali ini kami akan membahas mengenai shalat : 


SHALAT IHRAM

Shalat sunnat Ihram adalah shalat sunnat yang dikerjakan sebelum melakukan iram. Shalat sunnat ihram ini hanya dapat dikerjakan oleh orang orang yang menunaikan ibadah haji ke Baitullah. Dan hukum mengerjakan shalat ihram bagi seseorang yang dapat menunaikan ibadah haji adalah sunnat muakkad.

Tata cara shalat ihram

Pada dasarnya tata cara mengerjakan shalat sunnat ihram sama saja dengan mengerjakan shalat shalat sunnat lainnya. Hanya saja niatnya yang berbeda, niatnya yaitu sebagai berikut :

Niat cukup dalam hati karena niat sendiri berarti ilmu atau mengetahui. Maka setiap orang yang mengetahui melakukan ibadah shalat, maka ia sudah disebut berniat. Tidak perlu ada lafazh niat di lisan karena tidak ada satu dalil dari Al Qur’an dan hadits pun yang membicarakan anjuran tersebut. Masalah niat ini berlaku bagi shalat dan ibadah lainnya. ( Lebih lengkapnya disini saudaraku : http://www.carasholatdhuha.com/2017/01/keanehan-anjuran-melafazhkan-niat.html )

Bilangan rakaat shalat ihram