Home » » Shalat Antara Adzan Dan Iqomah

Shalat Antara Adzan Dan Iqomah


Shalat sunnat yang berhubungan dengan ibadah yang lain

Yang dimaksud dengan shalat sunnat yang berhubungan dengan ibadah yang lain adalah shalat sunnat yang pelaksanaannya itu ada kaitannya atau berhubungan dengan ibadah ibadah yang lain.


Adapun shalat (sunnat) yang termasuk dalam kategori shalat sunnat yang berhubungan dengan ibadah yang lain adalah sebagai berikut :


Untuk penjelasan mengenai shalat shalat sunnat yang lebih rinci, silahkan klik link link di atas . Smoga bermanfaat dan terimakasih . 

Shalat antara adzan dan iqomah


Shalat antara Adzan dan IqomahAdalah shalat sunnat yang dikerjakan antara waktu sesudah dikumandangkannya adzan sampai akan dikumandangkannya iqomah. Shalat ini hukumnya ghairu muakkad yaitu sunnat yang tidak diutamakan untuk dikerjakan. 

Sebagaimana yang telah di terangkan di dalam hadits Nabi SAW yang artinya sebagai berikut :

“Antara setiap Adzan dan Iqomah itu ada shalat, bagi siapa yang mau” (HR Imam Ahmad, Buhari an Muslim,dari shahabat Abdullah bin Mughaffal ra)

Bilangan rakaat shalat antara adzan dan iqomah



Bilangan rakaat shalat sunnat antara adzan dan iqomah itu pling sedikitnya adalah dua rakaat dan sebanyak banyaknya tidak terbatas menurut pelakunya.

Tata cara mengerjakan shalat antara adzan dan iqomah


Adapun cara mengerjakan shalat sunnat antara adzan dan iqomah itu pada dasarnya sma dengan shalat shalat sunnat ainnya, hanya saja niatnya yang berbeda. 

Setelah mengerjakan shalat sunnat antara adzan dan iqomah hendaklah memperbanyak membaca dzikir , istighfar memohon ampun kepada Allah SWT.

Referensi

Anda juga dapat membaca artikel mengenai sholat sunat sebagai referensi dan menambah wawasan Anda. Didalam artikel tersebut kami telah membahas mengenai tata cara sholat seta keutamaan keutamaannya.