Home » » Niat sholat iftitah

Niat sholat iftitah

Shalat sunnat yang berhubungan dengan ibadah yang lain

Yang dimaksud dengan shalat sunnat yang berhubungan dengan ibadah yang lain adalah shalat sunnat yang pelaksanaannya itu ada kaitannya atau berhubungan dengan ibadah ibadah yang lain.

Adapun shalat (sunnat) yang termasuk dalam kategori shalat sunnat yang berhubungan dengan ibadah yang lain adalah sebagai berikut :

D idalam blog ini akan kami bahas secara rinci mengenai shalat shalat shalat tersebut. Akan tetapi, untuk kali ini kami akan membahas mengenai shalat : 

Shalat iftitah

Shalat iftitah adalah shalat sunnat yang mengawali shalat lail (Tahajjud) , dengan kata lain shalat sunnat iftitah itu shalat sunnat yang dikerjakan sebelum mengerjakan shalat malam (Tahajjud) . Dan hukumnya adalah sunnat, sebagaimana yang tlah diterangkan dalam hadits Nabi SAW yang bersumber dari Sayyidah Aisyah ra :

“Adalah Rasulullah SAW apabila hendak shalat lail beliau senantiasa mengawali shalatnya dengan shalat dua rakaat yang singkat” (HR Imam Ahmad dan Muslim)

Bilangan rakaat shalat iftitah

Bilangan rakaat shalat iftitah adalah dua rakaat dan dikerjakan dengan singkat . Yang dimaksud dengansingkat disini adalah dengan membaca surat surat pendek.

Cara mengerjakan shalat iftitah

Adapun cara mengerjakan shalat sunnat iftitah itu pada dasarnya sama dengan shalat shalat sunnat lainnya, hanya saja niatnya berbeda.

Referensi

Anda juga dapat membaca artikel mengenai sholat sunat sebagai referensi dan menambah wawasan Anda. Didalam artikel tersebut kami telah membahas mengenai tata cara sholat seta keutamaan keutamaannya.